top of page
Boby Halimawan

Barang-Barang Yang Gak Boleh Absen Edisi #4: Plastik Sampah

Updated: May 22, 2023

Memang sih plastik sampah bukan barang yang ramah lingkungan. Tapi, plastik sampah juga menjaga kelancaran pada saat proses shooting, sehingga plastik sampah termasuk pada barang yang gak boleh absen. Biasanya, plastik sampah terlihat menggantung ditempel dengan lakban di sudut-sudut ruang/tembok. Kira-kira hal apa sih yang bikin plastik sampah gak boleh absen?

Photo by Sven Brandsma on Unsplash

Plastik Kebersihan

Saat proses shooting, plastik sampah juga termasuk dalam Keluarga Box Produksi (Artikel Barang-Barang Gak Boleh Absen Edisi #3 Box Produksi). Biasanya, tim produksi menyimpan plastik sampah di dalam box produksi biar gampang dicari apabila dibutuhkan.


Agak berbeda dengan barang lainnya yang digunakan hanya apabila dibutuhkan, plastik sampah termasuk barang yang terpakai dari saat kru sampai di lokasi (biasanya pagi hari). Karena setelah kru sampai di lokasi shooting, plastik sampah digunakan untuk mengumpulkan semua sampah dari semua kru yang bertugas saat shooting. Entah itu sampah makanan, puntung rokok, hingga sampah produksi seperti sobekan lakban. Karena volume sampah yang cukup besar, biasanya, dalam satu hari shooting terdapat 3-4 kali pergantian plastik sampah di setiap spot.




Sampah di Dalam dan Luar Set

Sampah-sampah di lokasi shooting kebanyakan berukuran kecil, namun sampah kecilpun bisa memengaruhi dan mengganggu jalannya produksi. Bayangkan ada sampah bungkus permen di dalam set shooting dan menyebabkan ‘bocor’ (masuk ke dalam frame tanpa disengaja). Hal ini sangatlah dihindari, karena biasanya hanya karena sampah sekecil bungkus permen bisa menyebabkan ‘retake’ (mengulang take) dan memakan waktu sehingga berdampak ke jadwal harian shooting.


Kebersihan di area shooting juga perlu diperhatikan. Biasanya shooting dilakukan dengan menyewa suatu lokasi baik rumah, studio ataupun menyewa suatu lingkungan tertentu. Karena itu, menjaga kebersihan lingkungan tersebut merupakan tanggung jawab kru yang bertugas. Plastik sampah sangat membantu untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terbebas dari sampah berserakan. Menjaga lingkungan tetap bersih juga bisa diartikan menjaga silaturahmi dengan pemilik lokasi yang menyewakan tempatnya untuk para kru melakukan shooting. Maka dari itu, kebersihan di dalam maupun di luar set sangat dibutuhkan. Mengumpulkan sampah dalam plastik lalu membuangnya ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) Sementara adalah hal yang bisa kru lakukan pada saat kegiatan shooting.

Photo by Loren Biser on Unsplash


Skill Lain Plastik Sampah

Plastik sampah juga punya jobdesc sampingan. Selain fungsi utamanya sebagai penampung sampah, plastik sampah juga bisa dipakai untuk beberapa fungsi lain seperti menutup lampu atau barang-barang lainnya ketika hujan pada shooting outdoor (luar ruangan) dan menjadi alas barang-barang ketika shooting outdoor apabila kru tidak membawa alas lain seperti terpal.


Keadaan keos saat hujan membuat tim kamera/gaffer bertanya kepada kru produksi “apakah ada plastik untuk nutupin lighting?”, atau “minta plastik buat kamera dong”. Sehingga biasanya kru menyetok banyak plastik sampah berbagai macam ukuran, dari ukuran kecil hingga ukuran besar.



Maka dari itu, plastik sampah dengan fungsi sepenting itu, termasuk dalam kategori Barang-Barang Yang Gak Boleh Absen Pas Lagi Syuting. Kalau dari kalian gimana? Apakah punya pengalaman lain dalam menggunakan plastik sampah pada saat shooting? Yuk cerita di kolom komentar!



Kommentit


bottom of page