top of page
Sindy Aprilia

Barang-Barang Yang Gak Boleh Absen Edisi #3: Box Produksi

Box produksi itu layaknya temen sekelas yang gak dibolehin cabut sama tim produksi. Kalau absen pusing deh mereka. Nyari obat-obatan? Lakban? Plastik sampah? Spidol? Tali? Apapun yang dibutuhin pas shooting pasti ada di box produksi! Jadi tiap shooting emang harus banget ada box satu ini ya.


Apa tuh Box Produksi?

Box produksi sebenernya adalah box kontainer pada umumnya, namun isinya yang berisi barang-barang keperluan shooting/produksi lah yang membuat box ini dinamakan box produksi. Box ini memudahkan tim produksi buat membawa dan mengkategorikan barang-barang yang perlukan buat shooting. Box ini jadi penting banget karena banyak perintilan barang yang bakalan kepake pas shooting, entah itu dibutuhkan dari divisi produksi, divisi sutradara, kamera, art dan sebagainya. Kadang kalau tim produksi mau jaga-jaga, ada beberapa box produksi yang isinya wardrobe cadangan yang bisa kepake misalnya untuk extras.


Syarat Masuk Keluarga Box Produksi

Temen-temen yang pernah ikut shooting pasti gak asing sama box serba ada, serba guna, serba bisa. Syaratnya ga susah, barang-barang yang lolos dan berhasil masuk ke box ini pastinya yang bakal kepake dan pasti dicariin pas shooting. Misalnya lakban-lakbanan, alat tulis, jas hujan, terpal, plastik, alat makan, plastik sampah, papan jalan, masker, alat-alat kebersihan dan sanitasi, dsb.


Eh kalo ada yang sakit pas shooting, apa box produksi ada obat juga?”


Wah, jangan salah di box produksi juga bisa jadi pertolongan pertama buat insiden apapun yang gabisa kita kontrol pas shooting ya. Alias ada dongg obat-obatan umum yang biasanya dibutuhin.

Selain kebutuhan produksi shooting, crew juga biasanya butuh obat-obatan kok. Box produksi juga jadi penggantinya box P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Obat yang laku sih obat maag, obat demam, obat sakit kepala, betadine dan plester-plesteran untuk luka. Iya, plester karena kadang, plester dipake bukan buat luka aja, tapi buat nempelin clip on atau alat sound ke kulit manusia biar lebih lengket dan ngga iritasi.


Tapi tapi tapiiii ada 1 barang di kotak obat yaitu koolfever, biasanya guna dia tuh buat nurunin panas/demam.. Karena kita kerja dalam ranah kreatif, tentunya orang-orangnya juga kreatif. Tim kamera bisa manfaatin koolfever buat nurunin suhu kamera yang udah overheat biar lebih cepet dingin, lho.


Box Produksi di set Cinemajestic Pictures


Box ini udah kayak anak emas, karena dia pasti bakal dibawa selalu setiap kita ada shootingan. Kata-kata yang paling sering diomongin kalo kita lagi list barang buat dibawa pas shooting itu “Box produksi dibawa gak?” karena emang terbiasa dan selalu dibutuhin.


Bahkan sebelum shooting, biasanya tim produksi akan abesnin dulu mana barang-barang yang udah tinggal dikit atau habis karena pasti akan ditambahin dulu sebelum digunakan untuk shooting esok hari.


Makanya tiap shooting, pertanyaan pertama dan pikiran yang selalu sama yaitu mastiin bawa atau ga nih box produksi. Tapi yaa jawabannya selalu sama “bawa aja, pasti dibutuhin”. Eh bener aja pasti kepake sekecil apapun barang yang dibutuhin pasti ada deh. Karena jawaban yang sama pas nyari sesuatu tuh yaaa “Ada tuh di box produksi”.


Ukuran boxnya yang gede bikin mata crew pasti tau dia ada dimana, udah gampang dicari, isinya juga ada apa aja. Paket lengkap banget deh box produksi itu, istilah lainnya box palu gada lah ya, apa yang lu butuh, gue ada.


Comments


bottom of page