top of page
Sindy Aprilia

Barang-Barang Yang Gak Boleh Absen Edisi #5: Meteran


Photo by Valentina Giarre on Unsplash

Meteran adalah alat ukur yang biasanya ditemukan di toko bangunan atau toko-toko peralatan rumah. Karena sering ditemukan di toko-toko bangunan, biasanya meteran identik dengan pekerja bangunan. Namun, kenyataannya tidak seperti itu kok, meteran juga dipakai oleh profesi-profesi lain diantaranya pekerja film dan iklan.


Meteran adalah alat ukur panjang yang berguna untuk mengetahui panjang jarak antar tempat atau antar titik yang diukur. Biasanya meteran pada saat shooting digunakan untuk mengukur ruangan, benda, tinggi alat, ataupun jarak dari satu tempat ke tempat yang lain.


Salah satu divisi dari pekerja film yang sering menggunakan meteran adalah divisi artistik. Mereka biasanya menggunakan meteran untuk membuat set design demi mewujudkan set shooting yang diinginkan oleh sutradara. Tahapan ukur mengukur set design dilakukan pada saat recce (proses mengunjungi lokasi yang telah disepakati sebelum shooting). Karena bentuk meteran yang kecil, biasanya para kru artistik menggantungkan atau menyimpan meteran di saku celananya.


Meteran pada saat recce bukan hanya untuk mengukur set design saja, meteran juga kadang dipakai kru produksi untuk mengukur ruangan lain di luar set shooting. Biasanya kru produksi mengukur luas ruangan untuk menjadikan green area (area di luar set yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya kru), atau mengukur ruangan untuk menaruh barang-barang shooting lainnya.


Gimana jadinya kalau divisi artistik atau yang lain lupa membawa meteran saat shooting? Ribet banget sih pastinya, mulai dari mencoba ngukur pake jengkal tangan sampai harus untuk pakai langkah kaki (walaupun langkah kaki si A sama si B pasti berbeda). Jadi kalau recce jangan lupa bawa meteran ya.


Jenis Meteran Shooting

Meteran memang terlihat tidak terlalu penting, tapi kalau kita lupa membawa meteran pada proses recce atau lainnya, malah jadi ribet karena tidak ada alat ukur. Di bawah ini adalah beberapa meteran yang dipakai untuk kegiatan persyutingan.

  • Meteran Besi

Meteran Besi adalah meteran berukuran genggaman tangan dan biasanya memiliki panjang hingga 50 meter. Karena bentuknya sangat ringkas, meteran ini paling sering kita jumpai di persyutingan.





Photo by Brett Jordan on Unsplash

  • Meteran Kain

Meteran kain adalah meteran yang lebih berfokus pada pekerjaan tata busana ataupun industri pakaian. Meteran ini sering dipakai oleh divisi wardrobe untuk mengukur lingkar pinggang atau dada untuk membuat atau membeli wardrobe yang akan digunakan untuk kegiatan shooting.

Photo by Siora Photography on Unsplash

  • Meteran Laser

Meteran ini cukup baru dan popular di kalangan persyutingan. Meteran ini merupakan meteran tercanggih di antara meteran lainnya. Kalian hanya tinggal mengarahkan meteran ini ke tempat yang mau diukur, dengan lasernya kalian langsung mendapatkan hasil jarak yang telah diukur. Canggih banget kan?

Photo by Klara Kulikova on Unsplash


Gimana? peran dari meteran cukup krusial kan? Karena itu, meteran termasuk ke dalam barang-barang yang gak boleh absen pada saat shooting. Jadi, jangan lupa bawa meteran ya saat persyutingan. Kalau kalian punya Meteran Laser, bawa aja ke set. Selain buat ngukur set shooting, meteran itu bisa buat pamer ke divisi lainnya.. ’lho, malah nyombong?!’.


Kalau dari kalian gimana? Apakah ada yang mau ditambahin tentang gunanya meteran dalam dunia persyutingan? Kalau ada, boleh share di kolom komentar ya.


Referensi:

https://arafuru.com/sipil/pengertian-dan-cara-menggunakan-meteran-gulung.html

https://www.klopmart.com/article/detail/macam-macam-meteran

Comments


bottom of page